Ini berita wow.  Walau belum resmi, beberapa situs terdepan yang mengabarkan berita teknologi telah membocorkan desain awal untuk pengembangan sistem operasi Windows 9 yang akan menjadi the next setelah Windows 8 saat ini. Lihat saja tampilan di atas.. FYI, tampilan tersebut sudah “standard” yang biasa di Linux hehe  #AgakNyombongDikit

Btw ini belum resmi, dan katanya sih Fans made, jadi dinyatakan tidak berafiliasi langsung dan menjadi hal yang resmi dari Microsoft, akan tetapi beberapa hasil “bocoran” desainer untuk Windows 9 menunjukkan hal yang sama. Konsep desktop yang sangat sangat mirip dengan Linux, yang SUDAH ada saat ini bahkan sudah sejak beberapa tahun lalu.

Contoh nyata, dari karya softpedia terlihat bahwa nantinya desktop Windows 9 akan memiliki tampilan layaknya Unity atau Gnome di Linux. Hal yang lazim dan sudah jadul bahkan. Dengan tambahan appbar yang menampilkan Windows sidebar di kiri, menambahkan app utilisasi, virtual desktop dan sedikit music play di taskbar, “inovasi” ini sudah menjadi seperti yang ada di Linux. Lihat saja launcher Windows 9 yang mirip dengan Unity atau Gnome, serta “bar” di atas yang mirip sebelas dua-belas dengan Gnome panel. Pengadopsian panel launcher di kiri, panel Start di atas, sudah menjadi pakem Linux bertahun-tahun lampau.

Windows 9 juga kabarnya akan mengintegrasikan fitur-fitur smartphone, tablet, desktop dan console (terminal). Hasilnya, voila, sepertinya sih jadi kayak Linux or even Android on Desktop.  Kalau prediksi desktop diatas bukan kenyataan, saya rasa prediksi untuk meng-Android-like kan Windows 9 sangat mungkin terjadi karena kepopuleran OS ini. Which is Android juga sebenarnya berangkat dari Kernel Linux.

Pun berita mengenai Windows 9 akan menghilangkan desktop-nya, menjadi hal yang santer terdengar saat ini. Jika tidak, maka asumsi terjadi “desktop Linux” di Windows 9 tentu masuk akal. Beberapa pendapat lain yang katanya Windows 9 akan dibuat se-simpel mungkin, maka lingkungan Linux dan Android adalah hal yang tak mustahil akan diadopsi karena kesederhanaan tampilannya dan ringannya aplikasi desktopnya.

Ubuntu 13.10 yang baru rilis Oktober lalu pun sudah memasukkan konsep inovasi search di desktop melalui Amazon, jadi semua hasil pencarian langsung di desktop Anda dengan inovasi “Smart Scopes”. Jadi sangat user friendly.  Terlihat di gambar, Windows 9 juga mengadopsi pencarian desktop dan sebenarnya, tidak baru-baru amat di Linux. Ubuntu sebelum 13.10 pun tak memiliki banyak perbedaan dengan Ubuntu yang baru ini. Cekidot aja gan disini fitur-fitur standard di Ubuntu dan distro-distro turunannya.

Kalau sudah begini, mengapa tak pakai Linux saja i.e. Ubuntu? Hehe..

Hal yang paradoks karena sebagian pengamat mengatakan kalau Linux itu tidak user friendly dan perlu “disesuaikan” dengan user experience pengguna Windows sehingga bermunculan banyak distribusi Linux yang desktop environmentnya menyerupai Windows agar tak terlalu “asing” bagi pengguna Windows yang ingin mencoba Linux.

Sekali lagi, kalau benar begini, tentu tak ada alasan untuk tak pakai Linux. Hemat, powerful, (saat ini sudah sangat) Mudah sekali, terutama distro-distro terbaru tahun 2013 ini. Dan juga terbukti pula dengan banyak fans Windows yang kepengen desktop yang light, misalnya Linux dan mungkin kalau nggak, sekelas Android yg notabene mewarisi sifat Linux.

Prediksi ini mungkin tak seratus persen benar, tapi penambahan lingkungan desktop Linux dan meniru “kenyamanan” Linux sudah barang tentu akan diadopsi, menurut beberapa sumber.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Sekarang juga, siap-siaplah untuk belajar Linux, boleh otodidak, boleh juga kursus di banyak lembaga pelatihan di luar sana misal Brainmatics, Nurul Fikri, apa saja. Bahkan bagi Anda yang masih SMA, biar tidak “gaptek” cari aja jurusan komputer yang kurikulumnya pakai Linux.  Pasti tidak rugi, karena mau Windows 9 mirip Linux atau tidak, perlahan, dunia sudah menuju kesana!

by Unggul Sagena, Kontributor KampusLinuxDotCom — Aktivis dan Relawan TIK Indonesia

 

Share