Peranan teknologi saat ini telah menjelma sebagai pondasi dalam sebuah sistem kehidupan, mulai dari solusi yang ditawarkan hingga hasil yang didapatkan sudah dapat dinikmati keberadaannya oleh makhluk hidup. Dari teknologi berbagai informasi sudah dapat diketahui secara cepat, tepat dan realtime. Hingga pada akhirnya banyak produk yang memanfaatkan teknolgi untuk dijadikan sistem usaha perdagangan.

Teknologi yang akan dikembangkan dan diperkenalkan dalam artikel ini ialah teknologi aplikasi mobil, yang didalamnya melibatkan dua objek penting yaitu petani dan konsumen. Dengan kesertaan akses internet yang saat ini sudah mulai tersebar hingga kepedesaan maka akses bisnispun akan segera merambah dengan cepat kesana.

Mulai saat ini informasi dan proses bisnis dengan harga murah tidak lagi hanya dinikmati sebagian orang atau pengusaha retail, namun semua kalangan terutama masyarakat perkotaan juga dapat menikmatinya.

Aplikasi yang menangani jual beli saat ini sudah beredar secara luas di internet dan manfaatnya juga sudah banyak dirasakan, contohnya seperti FJB (Forum Jual Beli) yang disediakan oleh kaskus, Hijup.com salah satu situs yang sukses menjual pakaian muslimahnya secara online dan E- Mart, sebuah Aplikasi Belanja Online skala Hypermart yang sudah dikembangkan oleh negara-negara maju seperti korea dan jepang.

Permasalahan yang timbul ialah pemanfaat teknologi internet dalam hal jual beli masih belum banyak dirasakan manfaatmya oleh masyarakat pedesaan, sehingga program pemerintah untuk menciptakan masyarakat desa yang produktif dan mandiri tidak dapat terealisasi dengan baik.

Oleh karenanya dengan aplikasi yang sedang dikembangkan saat ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah sekaligus menciptakan efek mutualisme antara sesama user atau dalam hal ini petani dan konsumen.

Cara kerja dari aplikasi ini sangat sederhana, para user akan diintegrasikan antara satu sama lain kemudian melakukan kesepakatan hingga proses transaksi. Masing-masing user tersebut membawa informasi penting, diantaranya biodata user, produk yang ditawarkan dan diinginkan oleh user, serta lokasi masing-masing. Semua informasi diatas juga akan diklasifikasikan berdasarkan wilayahnya.

Fitur-fitur yang diperkenalkan dalam aplikasi ini antara lain, biodata user (Petani dan Konsumen), forum diskusi, Aplikasi Pembayaran, Personal Chat antar penjual dan pembeli serta yang tidak kalah menarik ialah Aplikasi Maps yang disediakan untuk mengontrol proses pengantaran produk yang dikemas dalam sebuah menu-menu yang didalamnya berisikan informasi mengenai Lokasi, Posisi dan Kondisi perjalanan saat ini, Jarak dan Waktu tempuh.

Keuntungan dari aplikasi ialah informasi yang cepat dan akurat, sistem jual beli yang lebih aman, sistem kontrol dalam proses jual beli dan tentunya selain harga yang lebih murah, para konsumen juga dapat menjual kembali hasil pembelian produk tersebut kepada konsumen lainnya, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Zaki Imaduddin
Dosen Pengajar
Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri

Share