Domain itu sama aja kayak Alamat rumah kita, tapi di internet (dunia nya si Maya). Sebenarnya sih tulisannya pake angka-angka semua gitu, tapi biar bisa dimengerti ya pakai nama yang dimengerti manusia. Sebenarnya gak alamat rumah banget sih, sebab kalau alamat rumah kan ada kombinasi jalan dan nomor misal nomor rumah atau erte erwe berapa.

Kalau domain itu cukup dengan nama dan ekstension di belakang namanya. Ekstension itu misalnya .com (commercial/bisnis), .net (dunia internet), .org (organisasi), .gov atau go.id (pemerintahan),  dan seterusnya. Belum lagi di ranah lokal di bawah .id banyak deh (.id menunjukkan alamat nya di negara Indonesia).  Nama negara asal misal .com.au (australia), .de (jerman), .jp (jepang) dan seterusnya. Simpel kan?

Intinya Domain anggap aja itu nama diri dan segala sesuatu tentang kita di internet. Ya, sebab di internet, ga cuma kita sebagai individu, tapi juga sebagai perusahaan yang punya alamat di internet (company profile).

Hosting itu adalah Kapling rumahnya. Jadi kudu ada mau nempatin tu rumah dimana. Terus berapa lebarnya. Nah kalau kavling kan ada ukurannya tuh misalnya 250 m2  atau 100 m2 kalau di hosting, nanti ditentuinnya dengan satuan MB (MegaByte) jadinya misal 250 MB atau 100 MB. Sederhananya sih gitchu.

Blog adalah bagian dari rumah kita di dunia maya. Si Blog atau catatan ini kalau numpang di rumah orang jadinya kita namanya nempel sama nama yang punya rumah. Oke? misalnya namamu joni. kamu mau bikin blog namanya joni juga. nah kalau mo numpang ke blogspot ya jadinya joni.blogspot.com atau kalau mau ke WordPress jadinya joni.wordpress.com.

Senjatanya biar gak numpang berarti harus BELI Domain dulu. Ini cepat-cepatan sebab nama-nama yang bagus, unik, familiar, gampang dicari ya pasti cepat diambil orang. Beli kemana? Ini ada perusahaannya tapi biasanya sudah ada paket kita beli domain + hosting di satu perusahaan hosting. Lebih mudah di-manage.

Lalu, hosting ntu apaan?

Ya elu.. itu tadi, kavling (baca gak sih diatas). Udah siap semua nih, domain udah ada (udah dibeli misalnya) lah kalau mau ke internet bayar hosting. Kalau model blog yang numpang tadi, itu gratis blas. Yang empunya yang bayar listrik, telepon sama sambungan PAM hehe..  Nah kalau bikin sendiri, beken dong.. punya rumah sendiri.. ya semua bayar sendiri.

Berapa duit?

Tergantung. Tanah juga dipaketin sama rumah ada. Tanah aja boleh. Rumah aja ya domain aja beli tapi ga usah diisi. Bisa.. tapi rumahnya kotor dan ga jadi apa-apa tuh ga bernilai. Yang penting cari yang gimana? yaa betuull.. yang paling optimal “fitur”nya deh.

Oke, tadi udah dijelasin ya masalah hosting+domain ada perusahaannya? Nah, coba cek aja. Bagusnya sih kamu beli jasanya di perusahaan hosting indonesia. Mengapa? ya biar nyambung ngomongnya hehe.. selain itu, segala komplain keluhan (dan tidak menutup pujian) gampang disampaikan. La wong perusahaan hosting itu ndak pernah tutup! 24 Jam musti standby! Oke, ini masuk ke bagian tips trik loh, jadi mending lanjut ke bahasan kedua ya!

Prakteknya…

Silakan buka dan cari-cari perusahaan hosting berkwalitas. Belum tahu? Tak ada referensi? Cari saja sih perusahaan domain hosting made in Indonesia. itu langkah pertama. Terus, kamu cari yang banyak testimoni baik dari pelanggannya, paket-paketnya oke, dan jangan lupa biar fair, bandingkan beberapa perusahaan hosting sejenis.  Menurut pengalaman saya, tak sulit mencarinya, hanya memerlukan sedikit “riset” di internet.

Lanjuutt ke pertanyaan terakhir : “Penting gaak siih?”

Jawabannya.. tergantung apa yang digantung hehe.. Lah kalau merasa cukup hanya dengan Facebook ajah atau blog di WordPress dan Blogspot ya sudah cukup. Cuma ndak berarti apa-apa tuh. Ndak bisa jualan bro. Ndak kenal orang sama kamu dan yang katanya kamu itu pinter, jago nulis, banyak pengetahuan dan banyak barang yang bisa dijual hehe.. lagian kalau ngga punya we-we-we alias cuma jualan di FB aja ya ngga akan dianggap profesional dan pastinya kamu juga ngga profesional kan? Pelanggan ragu-ragu men, kecuali teman-teman mu sendiri yang udah di add di FB. Ya kan? Masa’ perusahaan bisnis beli domain+hosting murah aja ngga mampu!

Unggul Sagena | www.unggulcenter.org |

Share