Dalam suatu obrolan ringan, saya mencatat dialog sebagai berikut. “Saya sudah lebih dari dua puluh tahun lalu mendengar istilah Link and Match. Saya juga temukan banyak tulisan di internet tentang itu. Berbagai perguruan tinggi memiliki program Link and Match. Tapi saya belum banyak lihat contoh nyatanya. Ada di mana, ya?”

Kemudian dalam sutau rapat di sebuah asosiasi perusahaan software juga muncul pertanyaan senada berikut ini. “Banyak lembaga pendidikan komputer di Indonesia, mulai dari SMK, diploma, hingga sarjana, tapi mengapa perusahaan saya masih kesulitan mendapatkan programmer web, meskipun lowongan itu untuk junior programmer. Mestinya banyak lembaga pendidikan tinggi komputer dapat menyediakannya. Apakah semua lulusan sudah kerja atau banyak lulusan tidak siap kerja?”
Salah satu contoh Program Link and Match yang berhasil mendidik dan menyalurkan lulusan, dalam kasus ini programer web, diselenggarakan STT NF, tepatnya Career Development Center – Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri. Setelah berjalan sekitar 4 bulan, program Link and Match CDC – STT NF itu meluluskan dua angkatan. Angkatan pertama dengan sistem training 1 bulan di STT NF plus magang 3 bulan di perusahaan. Angkatan pertama diikuti 6 peserta lulusan SMK/D3, dan alhamdulillah semua lulusan pertama telah bekerja di beberapa perusahaan.
Angkatan kedua menggunakan sistem training langsung di salah satu perusahaan sponsor (Matsushita) selama 1 bulan. Training kedua ini diikuti 13 peserta, 8 peserta lulus sertifikasi web programming, dan 5 peserta lulus junior web programming yang diadakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi – LSP Telematika. Saat tulisan ini disusun, para lulusannya mulai wawancara dan sebagian sudah diterima bekerja di perusahaan.
Yang membedakan sistem pertama (training plus magang) dan kedua (traning saja, tapi di lingkungan industri) adalah latar belakang peserta. Yang pertama peserta sudah belajar pemrograman karena berasal dari SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan D3 komputer. Sedangkan yang kedua tidak ada yang berlatar belakang pemrograman, sehingga kurikulumnya sedikit berbeda.
Banyak perusahaan telah memesan lulusan program Link and Match CDC STT NF. Beberapa di antara nama perusahaan yang telah menerima magang lulusan dan menerima kerja adalah Skydivo Indonesia, Artikulpi, Telunjuk.com, Esindo.net, Anilo AdiKarya, NCI, dan InsightMax. Anda berminat menjadi peserta? Atau berminat menerima magang dan kerja lulusannya? Kontak langsung CDC STT NF.
oleh Rusmanto, Direktur Nurul Fikri Computer — rus@nurulfikri.com — artikel dimuat juga di blog pribadi.
Share