Selamat Datang Ramadhan!

Ayo dong bergembira! Rasulullah dan sahabat selalu gembira menyambut ramadhan. Bahkan, selalu berdoa agar diselamatkan di Bulan Rajab dan Sa’ban agar bertemu dengan bulan Ramadhan. Wuih, istimewa banget kan? Ya iya lah.. coba cek deh, bulan apa sih selain Ramadhan yang punya malam yang bernilai 1000 malam alias turunnya Lailatul Qadr? Atau, referensi mana ya selain bulan ramadhan, yang pahalanya berlipat ganda, yang setan di belenggu serta, gimana kita mampu merasakan penderitaan rakyat yang lapar dan dahaga? Hmm nggak ada deh selain bulan ramadhan!

Terus, biar nyambung sama judul yang lumayan “berat” bow.. maka saya akan bahas Fenomena pemanfaatan IT di bulan Ramadhan, mulai dari Aplikasi yang bisa dimanfaatkan, juga sarana-sarana sosial lainnya yang tentu berguna bagi kita.

Pemanfaatan Konten Islam di Perangkat Multimedia
Pertama, bagi pengguna Ponsel. Wuih, udah banyak loh ponsel murah nan canggih yang disebut-sebut sebagai “handphone islami” dikarenakan fitur-fiturnya yang “Islam bangets”. Terlepas dari gairah bisnis (ceilee bahasanya gairah) dari vendor (baca : nyang ngeluarin prodak hape jenis dan tipe tertentu) yang katanya sih mo ngambil segmen masyarakat yang agak-agak relijius di bulan ramadhan.

Ya iya dong, hanya yang ngga beriman yang nggak—minimal– melakukan rutinitas spesial ala ramadhan. Selain puasa, tentu ada mengaji, tadarusan, tarawih, puasa nge-gosip (oops!) dan lain-lain. Nah, notabene, si hape islam ini, entah dari sisi penjualan bundling yaitu hape yang dilabel khusus untuk jadi hape islami misalnya hape hidayah dan konten-konten islami yg sudah ada di hape, juga ada operator jaringan yang mempunyai paket-paket khusus spesial di bulan ramadhan. Nah cuy, manfaatin bener-bener tuh!

Konten islam itu bagaimana yach? Ya ngga melulu ringtone adzan hehe.. ntar pas ada telepon malah dikira udah adzan magrib jadinya kayak komeng dan adul di wara wiri tuh gara-gara ada adzan, si komeng yang tidur otomatis melek dan melahap kue hihi…

Nah konten Islam ini misalnya, Al Quran digital! Hebat kan, selama ini kalau dimasjid atau mushola saya sering liat orang baca Quran, eh sekarang keliatannya lagi pada khusu baca sms .. pas dideketin hmm.. keren euy! Ini dia Al Quran digital. Saya jadi malu bersuuzon hihi..

Apalagi hayoo? Yup. Jangan salah, bahkan salah satu Distro Linux pun ada yang punya “edisi khusus” Islami yaitu Distro Sabily. Bisa kamu dapatkan dibanyak tempat loh distro Linux ini. Kalau masalah komputer atau multimedia, sudah banyak kan selain Al Quran digital, ada juga file-file MP3 (dulu dalam bentuk kaset) Juz Amma atau Al Quran komplit.

Jangan tunda lagi, segera ganti lagu-lagu barat di handphone, mp3 player, laptop, komputer rumah dengan nada dan dakwah halah.. salah. Dengan lantunan ayat suci Al Quran. Ingat, mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran pahalanya besar loh! Lebih afdol lagi kalau kita yang baca dengan baik dan benar, lantang dan lugas. Tentu selain yang mendengarkan mendapat pahala, mereka juga bisa ikut membaca Al Quran.

Pemanfaatan Program Islami
Kedua, pakai software untuk menentukan waktu awal ramadhan dan waktu 1 syawal alias idul fitri. Nah, lewat IT, kita sebenarnya nih, nggak perlu menunggu pengumuman dari Pemerintah or Organisasi islam tertentu loh.. Cuma, memang ada baiknya kita tunggu soalnya memang tentu karena afiliasi kita ke para ulama yang cerdik cendikia itu lebih bagus. Dan formalisasi juga perlu, sebab khawatir terjadi banyak perbedaan. Jadi pakai apa sih? Nih, nama softwarenya Kstars dan Stellarium. Keren yach namanya? Itu program istilahnya Free dan Open Source. Jadi banyakan jalannya di Linux.

Pusing nggak, ada Open Source, ada Linux. Mahluk apa itu? Nah saya nggak mau bahas di artikel ini yach. Biar nanti artikel lain yang bahas. Informasi apa Itu Open Source dan Linux, mungkin bisa kamu dapatkan dari presentasi sederhana ini. Software Islam lain juga banyak, mulai pengingat waktu Sholat (Athan), dan seterusnya yg bisa kita install baik di PC atau Laptop, juga di handphone.

Pemanfaatan Internet di Bulan Ramadhan
Ketiga, pemanfaatan Internet. Internet yang sehat di bulan penuh rahmat ini tentu banyak yang bisa digali. Mulai dari informasi pelaksanaan Puasa di negeri Amerika dan Eropa melalu berita-beritanya, menambah pengetahuan tentang Islam dari situs-situs informasi Islam yang terpercaya, juga bisa dibarengi dengan kontribusi aktif di internet, misalnya diskusi Islam ataupun dengan yang sederhana, mengucapkan Selamat menjalankan Ibadah Puasa.

Atau mau bikin publikasi tentang Islam sendiri, ayok, siapa takut. Jadi kamu gak hanya cuma baca, tapi juga mengeluarkan ide dan mem-publishnya di internet. Lewat apa? ya lewat blog atau situs pribadi. Caranya gimana tuh? Wah gitu aja nanya.. gampang kok. Saat ini banyak sekali hosting di situs seperti wordpress, blogger dst yang gratisan. Cuma beberapa langkah, bisa deh bikin situs. Namun mau nggak mau ya kamu musti nyantumin yang empunya hehe.. jadi namanya misal kamu wildan, alamatnya jadi http://wildan.wordpress.com misalnya.

Kurang nendang yach? hihi.. kalau itu lum cukup, cara lain banyak. Kamu bisa beli domain dan hosting. Apalagi tuh? Alamak.. susah kali ya menerangkannya. Simpelnya, domain itu rumahnya, nama unik yang dipakai utk mengakses rumah kita tsb. Misal www.situsinfoislamgue.com nah musti dicek tuh udah ada lum situs (rumah) itu. Nah biar dia online, baru deh hosting biar bisa ditaroh di internet dan dibaca orang. Ya bahasa awamnya kurang lebih gitu. Ngerti atau tambah pusing? Ini deh informasinya dari domain dan hosting web atau web hosting. Selamat ber-ramadhan dengan IT!

Unggul Sagena | www.unggulcenter.org |

Share