Dulu, mungkin tak begitu diperhatikan oleh banyak orang. Justru, jurusan-jurusan “pasaran” seperti manajemen, hukum diyakini sebagai jurusan yang populer dan gampang mencari kerja. Tapi perlu digarisbawahi, gampang ini artinya gampang mencari informasi lowongannya, bukan gampang untuk masuknya ya hehe..

Nah, fenomena diatas berubah banget loh. Untuk formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) saja, Anda ngga bisa bayangkan betapa lulusan komputer sangat-sangat dinanti kiprahnya. Mau lihat buktinya?

Nih saya kasih sebuah pengumuman di salah satu kementerian. Yaitu Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) yang baru saja tahun ini buka pendaftaran.  Di beberapa Kementerian lain, kondisinya sama. Didominasi formasi untuk LULUSAN IT.

Di lingkungan Pemerintah daerah entah Pemkot atau Pemkab dan Pemprov, sudah jadi rahasia umum beberapa tahun terakhir ini jumlah formasi untuk lulusan TI dan serumpunnya (Teknik Informatika, Teknik Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Ilmu Komputer dan lain-lain di bidang IT) sangat besar, bahkan sampai 100% peningkatan dibanding penerimaan yang lalu.

formasi-bppt-1

Anda bisa lihat, dari pengumuman diatas, ada 48 (empat puluh delapan) formasi (lowongan) untuk Lulusan IT loh. Dahsyat!

Bandingkan dengan lowongan jurusna lain yang hanya 1 atau 2 formasi saja dan diperebutkan ribuan pelamar seantero Indonesia.

Ini bukan rekayasa lembaga pemerintah saja, tapi sesuai dengan cetak biru pembangunan bahwa ahli-ahli IT sangat sangat diperlukan saat ini. Jadi, jika Anda baru mau lulus SMA/SMK, dan tertarik masuk CPNS, ambil aja jurusan IT hehe.. Selain peluangnya besar karena formasinya banyak (dan semakin meningkat), juga Anda turut ambil bagian dalam me-modern-kan bangsa ini.

Ya, sudah jelas, kalau mau bersaing dan menjadi maju, kita harus berbenah dan menguasai teknologi. Semua lingkup penyelenggaraan pelayanan publik pun harus berbasis IT. Jadi, dibutuhkan banyak anak-anak muda yang paham IT dan nantinya akan juga disekolahkan ke jenjang yang lebih tinggi atau pelatihan-pelatihan IT loh. Ya iyalah, kita, bangsa Indonesia juga pengen maju dan bahkan jadi pemimpin Asia. Nah kalau 2015 nanti sebagai gong regionalisasi ASEAN, dimana tercipta ASEAN Community maka kita harus waspada, gelombang SDM asing akan masuk Indonesia utk mengambil alih. So, dengan banyaknya SDM IT dan ditingkatkannya infrastruktur dan layanan IT terutama di pemerintahan dan pelayanan masyarakat, kita bisa berharap kita adalah tuan rumah di negeri sendiri!

Jadi, peluangnya besar sekali, dibanding jurusan-jurusan lain yang hanya 1-2 formasi saja. Masalah ada isu-isu sogok? Hmm.. jaman sekarang sudah sulit, men! Mau diciduk KPK? Hehe.. lagian sekarang sistemnya komputerisasi alias tes pakai komputer (namanya CAT) jadi kita semua berpeluang yang sama! Kita tau skor kita, dan ndak mungkin ketuker sama skor orang so bisa protes kalau tiba2 kita yang skor tinggi malah yang skor rendah yang diterima hehe.. Catat aja hasil skor Anda biar yakin.

Tunggu apalagi, bagi yang minat, siapin deh dari sekarang untuk masuk jurusan IT di kampus-kampus ternama di Indonesia. Kalau tak masuk negeri misalnya Fasilkim UI atau ITB pun tak masalah. Karena formasi yang ada tidak berdasarkan kampus toh? Tapi bagaimana kita mampu bersaing untuk merebut kursi berdasarkan hasil CAT (Computer Assisted Test) yang tahun depan sudah 100% dijalankan pemerintah sebagai mekanisme tes masuk CPNS.

Kalau boleh saran, pilih kampus yang tak hanya bagus di infrastruktur, tapi juga tim dosen yang bagus, biaya yang terjangkau (karena kita tidak semua orang kaya kan) namun menyajikan pendidikan yang berkualitas, sebab selain IPK, Anda nanti akan dites TKB (Kemampuan Bidang) sehingga skill yang ada bisa dicek oleh pewawancara. Baru deh, Anda bisa berharap diterima.Banyak sih kampus yang bagus, yang terjangkau selain kampus yang populer karena kuantitas mahasiswanya, saya nggak akan sarankan Anda kesana, saya lebih cenderung yang fokus, kelas kecil, materi yang niche (spesifik) misalnya kampus yang kurikulumnya Teknologi Open Source karena sejalan dengan kebijakan pemerintah yang memanfaatkan Open Source di lingkungan pemerintahan. Cepat atau lambat, pemerintahan akan beralih semua kesana, karena sudah ada aturan dan kebijakannya loh. Atau kampus lain yang setara.

Jadi, Mau jadi PNS? Mau membangun negeri? Siap dong!

 

oleh : Unggul Sagena, Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Jabodetabek — usagena@unggulcenter.org

artikel utama ada disini.

Share