Gnome adalah salah satu aplikasi Desktop yang sangat terkenal dan sangat lengkap di dunia Open Source. Salah satu nya adalah ketersediaan bahasa dan aksara yang sangat lengkap (tergantung proses instalasi)

Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan Keyboard Indicator. Keyboard Indicator ini dapat ditambahkan di area Panel (biasanya di bagian atas layar desktop Gnome. Click-kanan lalu Add To Panel :

Pemilihan Add To Panel akan memunculkan Tulisan di Panel seperti berikut :

Sehingga akan muncul seperti ini :

Huruf USA yang muncul menunjukkan type keyboard yang sedang aktif. Untuk menambah type keyboard yang akan diaktifkan, kita perlu mendaftarkan dulu type keyboard yang kita inginkan dengan cara klik kanan di Keyboard Indicator ini lalu pilih : Keyboard Preferences.

Untuk menambahkan kemampuan mengeluarkan font Arabic, kita perlu menambah Keyboard Layout Arabic di tab Keyboard Layout

Kemudian akan muncul menu pemilihan layout keyboard yang diperlukan. Saya sendiri prefer memilih layout Arabic Buckwalter .

Sekarang Anda sudah siap untuk menggunakannya. Bukalah Open Office, kemudian ketika akan menulis huruf arab, dahulukan dengan melakukan klik pada tulisan USA yang tertera di Panel Gnome sehingga berubah menjadi tulisan Ara. Ini menunjukkan bahwa sekarang keyboard kita dalam mode Arab. Apapun yang Anda ketikkan ketika panel menunjukkan Ara maka yang akan muncul adalah aksara arab, Untuk mengembalikan ke keyboard biasa, klik kembali di Ara sehingga menjadi USA.

Selamat mencoba !

oleh : Prihantoosa Supraja. Direktur Teknosoftmedia. Ketua Muslim Information Technology Associaton (MIFTA). Artikel juga dimuat diblog pribadi.

Share