Ketika suatu malam saya keluar memandang langit yang cerah, bintang-bintang pun bertebaran di langit. Satu dan lainnya membentuk susunan yang rapi, sehingga terkadang mirip dengan benda-benda yang kita kenal. Misal ada susunan bintang yang mirip dengan kalajengking, gayung (??), dan seterusnya.

Sepengetahuan saya, susunan bintang2 tersebutlah yang (katanya) digunakan nenek moyang bangsa Indonesia untuk berlayar mengarungi samudera nusantara. Bagi sebagian kecil orang, mungkin susunan bintang tersebut mudah untuk dikenali (bentuk & namanya). Namun untuk sebagian besar, sepertinya tidak (termasuk saya).

Beruntung, teknologi yang semakin canggih memudahkan kita untuk mengetahui hal tersebut. Bagi saya yang sehari-hari ber”cengkrama” dengan komputer, maka aplikasi seperti Stellarium bisa dimanfaatkan. Dengan Stellarium kita bisa mengetahui banyak hal terkait dengan benda-benda di langit, terutama rasi bintang.

Tapi, aplikasi ini – hingga saat ini – baru bisa dijalankan pada device komputer, dan kurang praktis untuk dibawa-bawa. Jadi ketika kita tiba-tiba membutuhkan informasi tentang hal-hal berkaitan dengan benda angkasa, pasti dikecewakan karena aplikasi Stellarium tidak bisa kita gunakan segera… :(

Beruntung, dunia mobile berkembang dengan cepat. Sekarang ada aplikasi mobile, berbasis Android yang bisa digunakan untuk hal tersebut. Namanya Google Sky Map.

Dengan Google Sky Map, kita dapat mengetahui berbagai informasi tentang benda angkasa. Mulai dari nama benda tersebut, nama susunan rasi-nya. Hingga ke waktu-waktu tertentu – terjadinya gerhana – juga bisa kita atur.

Dengan memanfaatkan sensor Magnet yang ada pada device Android, kita hanya perlu mengarahkan HP Android kita ke arah yang diinginkan. Maka layar akan menampilkan informasi tentang benda angkasa yang ada di arah layar HP kita.

Google Sky Map Screenshot

Walaupun aplikasi ini sudah cukup lama, tapi untuk mengulas kembali sehingga bisa dimanfaatkan untuk orang banyak, saya rasa sah-sah saja ya :)

Hope it works for you … See you in next post :D

by Danil Syahrizal — Pengajar LP3T Nurul Fikri – NF Computer – STT Terpadu Nurul Fikri [danil@nurulfikri.com]

 

 

Share