Ambisi nangkring di halaman pertama search engine tentu menjadi idaman semua orang. Baik untuk sekedar narsis, maupun untuk mempopulerkan brand tertentu agar lebih eksis di dunia maya.

Banyak yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi membayar jasa konsultan SEO untuk mewujudkan hal tersebut, alasannya simpel Saja, semakin banyak dan sering muncul di hasil pencarian pada halaman utama, maka semakin populer ‘dagangan’ dan semakin banyak yang akan berkunjung ke ‘lapak’ yang kita buka.

Sebenarnya banyak cara untuk mempopulerkan bisnis, namun teknik SEO lebih efektif dan efisien digunakan ketimbang menghambur-hamburkan uang untuk beriklan secara jor-joran. Artinya dengan SEO kita dapat lebih menghemat uang kita dan bisa menginvestasikan uang kita untuk memperkuat permodalan usaha.

Dengan teknik SEO yang baik, konten yang ingin kita promokan bisa bertahan lebih awet dan tahan lama di hasil pencarian dari pada teknik pay per click atau program google adwords.

SEO juga lebih elegan ketimbang teknik spamming, tag sana sini dan teror sms/email yang bikin orang keki. Karena si pencari info akan mendatangi langsung dengan mencari di search engine tanpa harus kita jejali dan memaksa mereka untuk membaca info yang belum tentu mereka butuhkan.

Bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu SEO, ulasan serta tutorialnya terhampar luas di internet, Anda dapat belajar secara otodidak. Namun jika Anda membutuhkan bimbingan serta sentuhan khusus praktisinya langsung, Anda tidak perlu sungkan untuk belajar langsung dari ahlinya seperti info yang tertera disini.

Selamat menebar umpan di samudra maya, semoga hasil tangkapnya melimpah ruah.

Rifat Syafii
Pengajar LP3T STT-NF

Share