Untuk apa sih USB Flashdisk yang kita punya? Mungkin 99% akan menjawab sebagai medi a penyimpanan file. Sebagai backup, sebagai media transfer antar file yang mudah.

Betul sekali, Media USB Flashdisk yang saat ini sudah banyak di pasaran dengan berbagai bentuk, merk dan juga kapasitas ini fungsi utamanya memang itu.

Namun ternyata, USB Flashdisk kita bisa digunakan untuk beberapa hal praktis lainnya loh. Misalnya :

 

  • Menginstal distribusi Linux.

Kebanyakan distribusi Linux dapat di-boot dari live CD sebagai sarana mencoba berbagai program aplikasi dan lingkungan desktop Linux sebelum kita memutuskan untuk melakukan instalasi. Nah, dalam beberapa tahun terakhir, tren laptop tanpa CD room mulai menjamur. Sehingga flashdisk menjadi alat pelengkap yang penting. Lalu, dengan ini kita juga bisa membuat sebuah “Live USB” yang menggantikan “Live CD” Linux. Kita dapat men-download perangkat lunak yang sesuai untuk distro pilihan dan membakar gambar ke USB flash drive, sehingga bisa dipakai bootable untuk Live CD. Caranya juga gampang, selain sudah ada by default pada program aplikasi di distro yang Anda pakai, misal unetbootin dan sejenisnya, juga bisa menggunakan aplikasi burn CD ISO Image untuk menjadikan Distro Linux di Flashdisk pada OS Windows. Misalnya dengan program LiLi (Linux Live) yg bisa anda donlod gratis di Internet misalnya dari Pendrive.

 

  • Menjalankan Aplikasi Portabel.

PortableApps.com memungkinkan pengguna Windows untuk “membawa” program dan file favorit mereka dengan mereka pada flash drive tanpa harus boot ke sistem operasi baru . Bila Anda plug in USB flashdisk, Anda dapat membuka apa jumlah ke portable ” Start” menu terpisah. Memang, tak setiap aplikasi yang didukung, dan Anda mungkin masih harus transisi ke menggunakan aplikasi open source untuk sepenuhnya memanfaatkan Portabel Apps . Jika Anda akan memilih alternatif lain, ada juga LiberKey dan winPenPack .

 

  • Digunakan sebagai RAM

Dalam kasus di mana Anda memiliki komputer yang melambat dan mempunyai sebuah USB Flashdisk dengan ruang yang masih kosong, Anda dapat menggunakan yang USB tersebut untuk memberikan komputer pemercepat (speed boost). USB flashdisk dapat memberikan komputer Anda memori tambahan yang membantu untuk mengatur aplikasi yang lebih baik, dan kecepatan yang lebih. Microsoft menyediakan ReadyBoost sebagai sarana mempercepat komputer dengan menggunakan flashdisk sebagai RAM di Windows .

  • Partisi Hardisk.

Instalasi program “Parted Magic” ke Flashdisk bisa membuat kita lebih mudah dalam mem-partisi ulang Hardisk komputer. Partisi sulit dan berbahaya untuk dilakukan ketika sistem operasi berjalan dari harddisk yang bersangkutan , tetapi boot dari flashdisk menghilangkan beberapa risiko dan membuat seluruh proses yang jauh lebih mudah.

 

  • Bermain Games.

Meskipun tidak persis sama dengan apa yang disebut sebagai “game portabel”, Anda dapat menginstal permainan tertentu di flashdisk sehingga memungkinkan Anda untuk bermain game melalui database di flashdisk (tentu dengan sistem operasi di PC yang sama), misalnya game “Minecraft”.

 

  • Membuat File-file aman

Kita dapat mengubah seluruh flashdisk menjadi sebuah partisi terenkripsi sebagai suatu cara menjaga file pribadi aman dari orang iseng. Anda juga memiliki pilihan untuk memiliki booting flashdisk secara normal, tetapi berisi partisi terpisah yang mengenkripsi file yang ditempatkan di dalamnya. Untuk lapisan keamanan tambahan, Anda juga dapat membuat proteksi password terhadap partisi terenkripsi Anda . Aplikasi “BitLocker To-Go” bisa digunakan untuk ini.

  • Membuka (Unlock) Komputer.

Anda bisa juga mengubah flashdisk menjadi kunci dan mengatur komputer Anda untuk hanya bisa dibuka ketika drive dicolokkan. Aplikasi untuk ini pada Windoes adalah “Predator”. Dan banyak aplikasi lainnya untuk unlock komputer via Flashdisk ini.

  • Menyelamatkan PC yang terinfeksi virus.

Yaitu dengan menginstall virus scanner pada flahsdisk sehingga bisa diaktifasikan untuk men-scan komputer dan mencari malware pada PC yang terinfeksi. Anda juga bisa me-restore PC tersebut setelah keadaan “crash” karena kena malware melalui aplikasi seperti dari AVG atau Kaspersky.

 

  • Sinkronisasi Files secara Otomatis

Apikasi SyncToy, SyncBack SE atau GoodSync2Go adalah program yang bisa dimasukkan ke Flashdisk untuk otomasi pemindaian dan sikronisasi berbagai files yang ada di PC dan Flashdisk.

Share