depoknews.com | Tak lama lagi Depok akan punya duta baru, yakni Abang dan Mpok tahun 2014. Seleksi terhadap 130 peserta telah dilakukan sejak bulan Mei lalu dan saat ini terpilih 30 finalis, atau 15 pasang Abang dan Mpok.

Mereka dikarantina selama satu bulan, agar siap tampil pada grand final tanggal 22 Juni nanti. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Kota Depok, Misbahul Munir menjelaskan:

“Kita ingin melahirkan Duta pembangunan Kota Depok yang memahami berbagai sektor, seperti pariwisata, lingkungan, duta anti narkoba, pajak serta retribusi dan isu lainnya.” Karena itu, para finalis digembleng dengan beragam pengetahuan dan keterampilan.

Lebih lanjut Munir mengungkap, “Para finalis harus menguasai bahasa Inggris, memahami pariwisata, lingkungan, sejarah dan budaya. Nantinya mereka yang terpilih akan dikirim ke tingkat provinsi dalam ajang Mojang dan Jajaka Jawa Barat.”

Salah seorang finalis adalah M. Adnan Al Ghifari, mahasiswa STT Terpadu Nurul Fikri. Pemuda kelahiran Bekasi, 6 Oktober 1994, itu sempat tak percaya bisa lolos ke final karena persaingam ketat.

“Saya menyadari tanggungjawab dan tugas baru menjadi duta pariwisata, jika terpilih nanti. Tidak hanya pariwisata, namun hampir segala aspek kepemerintahan kota Depok,” ujar Adnan. Sebagai mahasiswa STT Terpadu NF, Adnan memiliki kelebihan dalam bidang teknologi informasi. Selain itu, aktivitas Adnan di Badan Eksekutif Mahasiswa memperkuat spirit kepemimpinan dan kepeloporan.

Pembantu Ketua STT Terpadu NF bidang III (Kemahasiswaan), Masagus Hendri, bersyukur karena mahasiswanya terpilih sebagai finalis Abang-Mpok Depok.

“Semoga hasilnya positif, melahirkan duta yang kreatif dan berwawasan lingkungan. Kami juga mendukung program Pemko Depok menggalang Cyber City,” papar Hendri.

Salah satu karya mahasiswa STT NF adalah “BiiBoy Game”, yakni permainan edukasi untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Sebagai kota penyangga Ibukota RI, Depok memang perlu banyak berbenah, termasuk menjaga kelestarian lingkungan. Untuk itu, diperlukan duta kreatif dan peduli lingkungan.

Sumber : www.depoknews.com

Share