1. Linux seperti BlankOn itu program atau software yang boleh digunakan untuk siapa saja, termasuk yang tidak “tahu” lisensi. Windows hanya utk yang “tahu” lisensi shg pengguna PC yang tidak tahu lisensi bisa dituduh melanggar hukum karena membeli PC berisi Windows ilegal atau bajakan.
  2. Linux seperti BlankOn itu aman dari virus sehingga pengguna PC awam tidak perlu belajar dan install anti virus seperti ketika masih pakai Windows.
  3. Linux seperti BlankOn itu cukup install dari sebuah CD atau DVD sudah berisi program office dan grafis. Sedangkan install Windows belum otomatis ada office dan grafis, kecuali sudah ada dalam PC ketika dibeli.
  4. Linux seperti BlankOn itu produk Indonesia dengan menu dan ada manual berbahasa Indonesia sehingga mudah digunakan dan tidak melanngar hukum Indonesia jika diperjualbelikan, termasuk untuk mengikuti tender proyek pemerintah. Tidak ada Linux BlankOn BM (Black Market) karena boleh dijual di tempat gelap maupun terang…hihihi ini canda
  5. Linux seperti BlankOn itu barang halal, shg dapat dijadikan sarana amal dengan mengcopy dan membagi ke siapa saja untuk beramal. Mengcopy dan membagi Windows tanpa izin atau beli lisensi itu melanggar hukum negara dan agama meskipun utk amal.

 

Re-blog dari Pak Rus, Ketua STT Terpadu Nurul Fikri di blog Rusmanto & Linux

Share